Bubur Sayah, Pelepas Lelah



Dalam keseharian, kita mengenalnya sebagai bubur sumsum. Namun hari itu, saya menyebutnya dengan bubur sayah.

• Anita W.R •

Badan terasa ruemeeeeek setelah beberapa hari ikut nimbrung di rumah salah seorang kerabat yang menikahkan putranya. Mulai dari persiapan jelang akad, ngunduh mantu sampai kirim jangan wayu yang dilakoni ini cukup menguras energi. Bukan hanya si empunya hajat, namun juga semua yang terlibat membantu.

Selang satu hari setelah rangkaian acara selesai, tibalah waktu bersantai. Dan suasana ini tambah nikmat saat satu porsi bubur sumsum diantarkan ke hadapan saya. Uuuuhhh nyam-nyam. "Ini bubur sayah", kata si (mantan) empunya hajat.

Iiihhh, namanya lucu bangeeeet. Bubur sayah ? Iya, bubur ini konon bisa mengobati sayah atau capek. Formulanya sama persis kok dengan bubur sumsum yang kita kenal. Terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak dan disajikan dengan juruh atau rebusan air gula merah. Slruuuppp… otomatis dari juruhnya kita merasa kembali berenergi. Sementara buburnya akan terasa adem di perut kita. Katanya sih “ Namanya aja bubur sum-sum, maka ia akan mengisi sum-sum kita. Jadi setelah kita bisa kembali tegak berdiri”. Ah, entahlah. Namun sugesti bubur sayah ini paling hebat saat melepas lelah, maka sungguh sayang jika ia dilewatkan begitu saja.




Komentar