Langsung ke konten utama

Petilasan Mundingwangi di Makam Wangi

Beberapa tahun silam, seorang sepuh sempat memperingatkan saya untuk tidak dulu memasuki Makam Wangi (Stana Wangi) karena salah hari. Namun kini dengan berstatus desa wisata, saya dapat mengunjungi Makam Wangi kapanpun sekaligus menikmati panorama desa Pagerandong, kecamatan Kaligondang.

• oleh : Anita Wiryo Rahardjo •

Agenda Sesaji Larung Gintung kembali membawa saya ke Makam Wangi. Banyak hal berubah setelah sekian tahun. Dulu, kami tidak disarankan mengendarai sepeda motor sampai di depan Makam Wangi karena jalanan yang ekstrem dan masih berupa kerikil tajam. Sekarang ? Mobil pun dapat melaju lancar. Namun tetap harus hati-hati. Kontur jalannya memang naik turun dan berkelok.

Di dalam hutan

Dari kejauhan, tampak satu lahan seolah terpisah. Perbukitan. Rimbun ditanami pepohonan dan bambu. Inilah Makam Wangi.



Lahan sekira 3 hektar ini tepat berada di tepi Sungai Gintung. Selain beragam bambu, kita dapat menemukan banyak jenis tumbuhan buah. Salah satunya Mangga Belanda. Ini seperti yang terpampang pada papan sederhana yang dipajang di dekat tanaman yang bersangkutan. Karena harus menaiki undakan tanah liat yang sedikit becek, maka mata hanya sanggup menangkap tulisan Mangga Belanda saja. Selebihnya, saya merasa seperti memasuki alas desa yang bersuasana asri.

Di kawasan hutan inilah, Makam Wangi berada. Hutan yang sudah sejak lama terjaga kelestariannya. Bahkan hingga kini, warga tak pernah ada yang berani menebangi pohon yang ada. "Jangankan nebang, repek(¹) saja tidak sembarang orang berani", tutur Ki Tarko Gareng, salah seorang seniman Purbalingga yang tinggal tak jauh dari Makam Wangi.

[ ¹ : mengambil kayu atau ranting yang jatuh di kebun atau hutan guna dijadikan kayu bakar ]

Warga yang patuh pada larangan menebang sembarangan ini, cukup mampu menjadikan Makam Wangi bak benteng penghalau gempuran air sungai ke persawahan warga. Ya, selain bersisian dengan sungai, Makam Wangi juga bersebelahan dengan sawah. Dan sekarang, kita tak perlu bersusah payah melewati pematang untuk menuju makam. Sebuah jembatan bambu telah dibangun secara khusus oleh pengelola objek wisata.

Menhir

Tak lama setelah menaiki undakan, kami melihat dua pemuda tengah duduk diam di sebidang tanah menanjak. Dihadapannya tampak sebuah batu berisi bedak, parfum, cermin dan rokok. Hmmm.. sepertinya sesaji.

Melihat kehadiran rombongan kami sekaligus juru pelihara, mereka pun menyingkir sejenak. Keberadaan orang-orang yang menepi di Makam Wangi ini memang bukan hal baru. Sejak lama, makam ini dipercaya bertuah. Nah, dimungkinkan bagi kaum-kaum seperti inilah 'kesalahan hari' -seperti kedatangan pertama saya dulu- masih dapat berlaku. Tapi kalau sekedar untuk menengok situs kapan saja bisa kok.

Berjarak tinggi sekitar 1 meter, pepohonan tampak memayungi sebuah makam. Tepatnya petilasan. Tampak menhir sejajar dengan jarak ± 1 meter yang difungsikan sebagai nisan.  Dimana diatasnya tersusun tatanan bebatuan.



Kenapa tatanan 1 nisan di makam wangi terdiri dari 2 menhir ya ?

Sementara itu sesaji diletakkan pada batu yang mendapat sebutan lokal "papan pesujudan". Papan pesujudan ini sepertinya batu yang telah dibentuk. Datar dengan sisian menyerupa segi lima. Dipercaya batuan ini dulu menjadi tempat sholat Munding Wangi.



Mengapa Makam Wangi •

Memasuki Makam Wangi saya pun menjadi bertanya-tanya. Dimanakah yang menebarkan aroma wangi ? Karena saya hanya mampu menghirup aroma segar khas tetumbuhan.

Menurut folklore, aroma wangi itu berasal dari potongan rambut Pangeran Atas Angin (dikenal juga dengan Syeh Atas Angin) yang dijatuhkan di perbukitan tersebut. Nama Atas Angin selama ini akrab kita dengar dalam kisah asal-usul Ardi Lawet.

Pangeran Atas Angin lah yang beradu kesaktian dengan Munding Wangi, seorang putera mahkota Pajajaran yang melepas tahta demi mengejar 3 cahaya Ilahi yang dilihatnya. Dalam perjalanan pencarian cahaya itulah, Munding Wangi bertemu dengan  Atas Angin. Dimana keduanya memiliki tujuan yang sama.

Saat adu kesaktian guna mengelabuhi Munding Wangi, Pangeran Atas Angin menjelma menjadi perempuan jelita berambut panjang. Atas Angin menjatuhkan potongan rambut panjangnya itu di sebuah tempat di Pagerandong, Kaligondang. Pada saat jatuhnya potongan rambut itu konon menebarkan aroma harum atau wangi. Hingga tempat inipun dinamakan Makam Wangi.

Versi lain ada pula yang menyebutkan bahwa justru potongan rambut Munding Wangi lah yang dimakamkan disini. Hingga bernama Makam Wangi, yang asal kata dari nama satria Pajajaran itu.

Meski ada yang menyatakan jika di makam Wangi ini tak hanya ada petilasan terkait kisah tersebut diatas, (konon terdapat pula makam Eyang Purwosuci dan Adeg Menggala), namun tak kami temukan lokasinya di perbukitan Makam Wangi ini. Ataukah saya salah hari lagi ?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BATIK PURBALINGGA DIMULAI DARI ERA NAJENDRA

Sore yang terbalut hujan. Seketika nama udan liris mampir di pikiran. Eh, lalu bagaimana dengan truntum, kawung, lumbon, sekar jagad atau bahkan cebong kumpul ? Semarga kan ? (Oleh : Anita W.R.) Pertanyaan itu kian menggelitik setelah pertemuan pertama saya dengan seseorang ini terjadi pada Desember 2013. Satu kalimat yang saya ingat darinya adalah " Batik Purbalingga itu sudah punya khas sejak awal ". Antara takjub, bingung dan tidak mudheng , rangkaian penasaran itu saya endapkan hingga menuju 2 tahun. Ya, bicara Batik, banyak informasi, artikel sampai literatur yang membahasnya. Namun batik Purbalingga, hanya sekelumit yang saya ketahui. Padahal saya ada di kota ini sejak lahir dan tinggal dikelilingi beberapa pembatik sepuh. Memori saya pada bagian ini sepertinya tidak terlalu baik, sampai-sampai sulit membacanya. Tapi kalau boleh, ijinkan saya menyebut nama mereka satu per satu. Eyang Din, Mbah Sastro, dan Mbaeh Nana adalah nama-nama pembatik sepuh yang

Brambang Jae dan Larangan Pementasan Wayang Kulit

Nama petilasan ini adalah Brambang Jahe. Nama yang unik ya? Cukup menggelitik tanya di benak, apakah di petilasan ini terdapat pohon bawang merah dan pohon jahe. Yang tentu saja jawabannya adalah tidak. Petilasan brambang Jahe ini sudah masuk dalam daftar inventaris Benda Cagar Budaya (BCB) kategori bangunan makam. Meski nilai sejarahnya masih dipertanyakan, namun kecenderungan masyarakat menyakralkan tempat ini dan juga folklore yang terus hidup menjadikan Brambang Jahe sebagai salah satu petilasan yang diistimewakan. Masyarakat setempat mengenalnya sebagai kuburan Brambang Jahe. Brambang Jahe terletak di Kelurahan Purbalingga Kidul, tepatnya di utara Stadion Guntur Darjono Purbalingga. Dahulu, makam ini terdapat di tengah persawahan. Tidak ada seorangpun yang berani membongkarnya. Bahkan sampai ketika tempat tersebut disulap menjadi stadion skala nasional pun, Brambang Jahe tetap ada. Dan untuk melindunginya dari tangan-tangan jahil, dibangunlah pagar keliling pada ma