TUGU PERINGATAN SETENGAH ABAD HARI KEBANGUNAN NASIONAL



Tugu Peringatan Setengah Abad Hari Kebangunan Nasional. Inilah kalimat yang tertera dalam prasasti pada tugu ini. Sudah bisa menebak tugu apa yang saya maksud ? #Deng-dong!!. Sudah lah, tidak usah memaksakan diri menerka pada tugu di Purbalingga sebelah mana kita bisa menemukan prasati ini. Karena sebagian besar orang memang tidak menyadarinya.


Prasasti ini sebenarnya bisa dengan mudah kita saksikan di replika Tugu Bancar yang kini berdiri di Taman Maerakaca, tak jauh dari Jembatan besar Klawing. Tugu ini termasuk salah satu icon Purbalingga. Bagi yang pernah berwisata kuliner es duren atau masuk ke kompleks Badog Center pastilah bisa dengan mudah melirik keberadaannya. Duuulu sekali orang pernah menyebutnya sebagai tugu totogan Bancar. Sebagian lagi menjulukinya Monas kecil.

Sebuah tugu peringatan pastilah dibangun bukan tanpa alasan. Begitupun dengan tugu yang dibangun pada 1958. Kapan pengerjaannya memang tidak diketahui secara pasti. Saya hanya menebak dari angka yang tertulis dalam prasatinya saja. Tugu ini dikhususkan untuk peringatan 50 tahun Hari Kebangkitan Nasional yang dulu disebut dengan Hari Kebangunan Nasional. Ini mengacu pada angka tanggal yang terukir yaitu 20 Mei.

Yang kita saksikan saat ini hanyalah berupa replikanya saja. Tugu aslinya dibongkar sebelum akhirnya dipindah lokasi. Ya, semula Tugu Bancar terletak di taman kecil pada simpang tiga jalur Bancar (depan Kodim). Memang saat itu masih banyak desain tata kota Eropa yang mempengaruhi setiap pembangunan yang ada. Begitupun dengan taman kecil pada setiap persimpangan besar. Uniknya Tugu Bancar ini berlokasi satu garis lurus dengan titik pusat Alun-alun Purbalingga. Bahkan seandainya kita tengah berada di Alun-alun pun bisa menyaksikan langsung Tugu Bancar dari jauh. Ini seperti yang diutarakan oleh warga setempat yang berusia 50 tahunan. Bahkan pada tahun 1973, tugu ini pun masih terletak di lokasi awalnya. Pada tahun tersebut keberadan tugu yang dipagari rantai besi ini kerap jadi tempat ‘gelendotan” bocah-bocah kecil saat jalan sepi.

Saya sendiri tidak njamani tugu Bancar yang asli. Yang saya ingat (sekitar 2001) tugu ini sudah berlokasi di depan Gedung Wanita. Sekarang gedungnya juga sudah tidak ada dan dialihkan kembali menjadi (RTH) Taman Maerakaca. Kabarnya pun tugu ini sudah sampai dipindah tempat sebanyak dua kali. Namun saya memang tidak ngeh. Yang saya ingat, dulu Monas kecil ini terletak di depan Gedung Wanita dan kini ada di kompleks Maerakaca. Itu saja. Namun ada beberapa catatan yang menulis jika tugu ini pernah dipindah pada tahun 1992. Alasan pemindahannya pun hingga kini tidak jelas. Apakah mengganggu lalu lintas ? Mereka yang mencintai situasi tempo dulu jelas menolak anggapan tersebut. Tapi entahlah, lagi-lagi saya memang belum mendapat kepastian (ehm, plus belum sempat mengeceknya juga ke Gedung Arsip). J

Nah, sekarang yang terpenting adalah bahwasannya replika tugu tanpa ruang ini bukan sekedar sekedar pemanis kota saja, namun sebuah bentuk peringatan terhadap perjuangan Pahlawan yang telah mencikal-bakali persatuan Indonesia. #Selamat-Hari-Kebangkitan-Nasional.

Komentar